Saturday , October 23 2021
Tips Diet Keto Sukses Menurunkan Berat Badan

5 Tips Diet Keto yang Benar untuk Pemula

Salah satu diet yang terpopuler di Indonesia adalah diet keto. Sebenarnya, diet keto ini pada awalnya hanya ditujukan pada anak-anak yang mengidap epilepsi dan kebal obat, pasalnya cara diet ini dapat membantu mengurangi frekuensi kejang. Selain itu, program diet ini juga dapat membantu pengidap diabetes tipe 2 untuk mengontrol gula darahnya.

Akan tetapi belakangan ini, dalam rangka menurunkan berat badan sudah banyak yang menerapkan diet keto, bahkan bagi mereka yang tidak mengidap epilepsi dan diabetes. Alasan memilih cara diet ini karena metode untuk menurunkan berat badan tidak menyiksa. Pasalnya Anda di perbolehkan tetap makan, namun harus tetap membatasi asupan karbohidrat.

Bagi Anda yang melakukan die ini dan ingin sukses menurunkan berat badan dengan metode diet keto ini, Anda harus melakukannya dengan cara yang benar. Untuk itulah, hari ini kami akan mencoba berbagi resep diet keto bagi pemula.

Tips Diet Keto

Bagi Anda yang baru pertama kali mencoba diet keto, Anda wajib menjalani fase induksi terlebih dahulu, yaitu fase berpuasa sebagaimana yang dilakukan pada diet OCD. Anda harus berhenti makan mulai jam 8 malam, dan Anda boleh makan lagi pada jam 12 siang keesokkan harinya.

Fase induksi ini dilakukan selama seminggu dan setelahnya Anda akan melakukan fase konsolidasi dan fase maintenance. Utuk lebih jelasnya berikut ini adalah tips-tips yang harsu dilakukan saat menjalani diet keto agar bisa berhasil menurunkan berat badan.

1. Buatlah Daftar Menu

Untuk membantu proses menjalani die keto, Anda bisa membuat daftar makanan yang boleh dikonsumsi dan yang tidak boleh. Dalam fase induksi, usahakan asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh Anda hanya sebanyak 20 gram saja. Sedangkan untuk asupan lemak, akan lebih baik jika diperoleh dari daging-dagingan murni, bukan olahan seperti sosis, nugget, dan bakso.

Menu Diet Keto

Beberapa makanan kaya lemak yang disarankan ketika melakukan diet keto, antara lain:

  • Ikan salmon, tuna, makarel.
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti almond, wijen, chia.
  • Minyak zaitun atau minyak kelapa.
  • Telur, terutama yang mengandung omega-3.
  • Daging sapi, ayam, kalkun, dan steak.
  • Sayur hijau, tomat, bawang, cabai, dan sayur lainnya yang rendah karbohidrat

Kemudian untuk jenis karbohidrat yang harus Anda hindari, antara lain:

  • Makanan atau minuman manis.
  • Nasi, pasta, sereal, dan produk gandum.
  • Umbi-umbian, seperti ubi, kentang, dan wortel.
  • Minuman beralkohol.
  • Lemak tidak sehat dari minyak sayur dan mayonnaise.

2. Lakukan dengan Disiplin

Jika Anda ingin memperoleh hasil sesuai yang diinginkan, maka Anda harus menjalani diet keto ini secara disiplin. Anda harus menghindari pantangan diet keto, salah satunya adalah menjauhi semua makanan yang mengandung karbohidrat dan gula, termasuk juga karbohidrat yang terdapat pada kentang, mie, dan tepung.

Prinsip ini perlu Anda lakukan selama diet keto, agar Anda bisa mencapai kondisi ketosis. Bila Anda “bandel” dan tetap mengonsumsi makanan yang berkarbohidrat, maka Anda tidak akan bisa mencapai kondisi ketosis dan lemak dalam tubuh Anda tidak akan dibakar menjadi energi. Dengan kata lain, diet keto yang Anda lakukan gagal.

3. Harus Siap dengan Flu Keto

pada saat pertama kali melakukan diet keto, Anda akan mengalami flu keto, yaitu tubuh merasa lemas, tidak bersemangat, dan sakit kepala. Biasanya masa flu keto ini akan terjadi pada 7-10 hari pertama saat menjalani diet keto.

Hal itu wajar terjadi karena tubuh Anda sedang dalam proses penyesuaian diri dengan hilangnya asupan karbohidrat dan mulai bertransisi untuk pembakaran lemak sebagai sumber energi.

Namun Anda tidak perlu khawatir, ketika tubuh sudah terbiasa dengan cara dan pola makan ala diet keto ini, maka flu keto Anda akan hilang dengan sendirinya.

4. Jaga Asupan Mineral & Cairan Tubuh

Ketika Anda mengalami kondisi ketosis, maka ginjal akan mengeluarkan lebih banyak cairan dan elektrolit. Maka dari itu, selama menjalani diet keto, pastikan Anda mengonsumsi asupan sodium dan potasium yang cukup, serta perbanyak minum air putih.

5. Lihat Kondisi Kesehatan

Jika Anda yang tidak bisa mengonsumsi makanan berlemak tinggi, karena mengidap tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi, atau mempunyai masalah batu empedu, kandung empedu, diabetes, dan masalah kesehatan lainnya, alangkah baiknya jika Anda bicarakan dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan metode diet ini agar terhindar dari bahaya diet keto.