Monday , September 20 2021
Manfaat Pepaya Untuk Ibu Hamil

Manfaat Pepaya untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Memenuhi Nutrisi Harian

Ragam manfaat pepaya yang baik untuk ibu hamil mulai dari meringankan keluhan kram di kaki dan memperkuat sistem imun. Nutrisi yang baik pada pepaya penting untuk tumbuh kembang janin.

Buah pepaya merupakan salah satu jenis buah tropis yang sangat cocok tumbuh di Indonesia. Buah yang memiliki warna jingga ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut saat dimakan.

Buah pepaya dapat dikonsumsi secara langsung atau dapat diolah ke beberapa jenis hidangan makanan lainnya seperti tambahan ada rujak, jeruk dan es buah.

Manfaat Pepaya untuk Ibu Hamil

Berikut adalah manfaat yang bisa anda dapatkan bagi ibu hamil yang tentunya baik untuk janin.

1. Memperkuat imunitas tubuh

Buah pepaya mengandung beragam nutrisi yang baik untuk ibu hamil seperti protein karbohidrat dan serat. Adanya sumber antioksidan dan beragam vitamin yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh ibu hamil supaya janin yang ada dalam kandungan terjaga kesehatannya.

Selain antioksidan terdapat vitamin A vitamin C dan vitamin E yang mampu menjaga daya tahan ibu hamil supaya tidak mudah jatuh sakit.

2. Meringankan keluhan kram pada kaki

Salah satu keluhan yang sering dialami oleh ibu hamil yaitu kram pada kaki. Biasanya keran tersebut terjadi pada masa trimester kedua dan ketiga. Walaupun bukan hal yang membahayakan bagi janin namun garam tersebut membuat ibu hamil merasa tidak nyaman.

Salah satu cara mudah mengatasi kram kaki pada ibu hamil yaitu mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kalium yang terdapat pada buah pepaya. Buah pepaya yang memiliki tekstur lembut dan manis mampu mencegah dan membantu mengatasi keluhan otot selama kehamilan.

3. Mencukupi nutrisi harian

Kandungan buah pepaya yang lengkap seperti protein, karbohidrat, dan aneka vitamin mampu membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian ibu hamil. Buah pepaya banyak dijual di pasar atau bisa juga didapatkan melalui penjual sayur keliling. Mengkonsumsi buah semangka tiap hari tidak masalah sebaiknya rutin minum vitamin prenatal supaya tumbuh kembang janin terjaga dengan baik.

4. Mendukung pembentukan mata janin

Asupan nutrisi yang cukup selama masa kehamilan membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan. Bagi ibu hamil makan buah pepaya sangat baik untuk kesehatan bayi karena mengandung vitamin A, Lutein dan kolin.

Kolin berperan untuk membantu saraf dan otak janin selain baik untuk kesehatan mata. Untuk ibu hamil, ayah sebaiknya dikonsumsi saat sudah matang karena pepaya yang belum matang mengandung getah dan latex.

Apabila ibu hamil mengkonsumsi buah pepaya yang belum mata atau yang masih mengandung lateks dapat memicu kontraksi rahim dan dianggap bisa menyebabkan keguguran. Selain itu dapat menimbulkan reaksi alergi sehingga membuat gejala gatal-gatal, sakit perut dan diare.