Monday , September 20 2021
Cara Mudah Mendeteksi Kerusakan Motor

Cara Mudah Mendeteksi Kerusakan Motor dari Suara

Pernahkah anda mengalami kejadian salah satu komponen sepeda motor berbunyi. Hal ini menandakan bahwa ada salah satu bagian dari sepeda motor Anda mengalami kerusakan. Jika orang awam akan menanggapi hal ini sebagai hal yang biasa.

Memiliki sepeda motor yang waras adalah dambaan banyak orang. Namun, jika motor terlihat berisik saat berjalan tentu akan membuat risih dan tidak nyaman. Bagi kamu yang pernah mengalami hal tersebut ketahui kerusakan motor berdasarkan suaranya yang kami ulas pada artikel ini.

Cara Mudah Mendeteksi Kerusakan Motor dari Suara

Berikut ini adalah beberapa tips untuk anda yang ingin mendeteksi kerusakan atau mengecek kerusakan kendaraan motor. Ada berbagai macam suara yang bisa anda diagnosa, bahwa motor akan perlu servis atau reparasi saja.

1. Suara Tik Tik Atau Tuk-Tuk Dari Klep

Jika motor Anda berisik karena sumber suara bunyi tik tik atau tuk tuk bisa jadi berasal dari klub saat mesin stasioner Anda renggang.

Selain itu hari ini anda dapat mendeteksi ada terkatup yang mungkin kendor atau kurang kencang. Dan mungkin juga klep kendor karena kurangnya perhatian untuk servis rutin.

2. Suara Tok Tok Pada Rantai Kamprat

Jika suara yang muncul seperti tok-tok dari rantai maka bisa kita analisa bahwa rantai kamprat mulai renggang. Namun jika bunyi seperti terjadi gesekan atau dengungan hal ini berarti rantai terlalu kencang.

3. Suara Tek-Tek Pada Tensioner

Jika anda memperhatikan suara seperti tek tek pada tensioner hal ini berkaitan dengan kekencangan rantai yang berubah. Pada kondisi ini membuat putaran mesin bisa berpengaruh saat berkendara.

Solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengganti tensioner dengan yang baru.

4. Suara Ketukan Berat Pada Piston

Banyak orang tidak menghiraukan hal ini ketika muncul suara ketukan agak berat ada piston. Memang untuk mendeteksi kejadian seperti ini sulit untuk dilakukan untuk orang awam. Jika diperhatikan kasus seperti ketukan pada piston sangat pelan dan hampir tidak terdengar.

Hari ini dapat terdeteksi ketika suara ketukan agak berat. Cara mengatasinya adalah bisa mengganti piston motor lama dengan yang baru.

5. Suara Gemeretak Pada Stang Leher

Ketika terjadi suara gemeretak ada transfer bawah hingga menengah dan berangsur menghilang, dan ketika di putaran atas hilang maka perlu diwaspadai. Kondisi seperti ini kaki atau stang piston 6 per dinding silinder pada saat titik mati bawah.